Manfaat,Khasiat dan kegunaan madu bagi tubuh

Manfaat,Khasiat dan kegunaan madu bagi tubuh

manfaat madu untuk kesehatan
Manfaat, Khasiat dan Kegunaan Madu bagi Tubuh - Sejak dulu madu menjadi bahan pengobatan alami untuk beragam jenis penyakit, dan andalan dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal tersebut karena kandungan nutrisi, enzim dan sifat antibakteri juga antiseptik dalam madu.

Semakin lengkap, berikut ini adalah beberapa Manfaat Madu untuk kesehatan berdasarkan jenis Madu yang bisa membuatmu jatuh cinta dengan manisnya madu.

Manfaat Madu Mentah bagi kesehatan

Madu mentah kaya akan kandungan fitonutrien .
Madu mentah merupakan jenis madu yang belum mengalami proses pengolahan sama sekali, dan langsung dari sarang lebah.
Jika kamu termasuk yang percaya terhadap produk alami tanpa proses apapun dan tertarik mencoba madu mentah, berikut ini adalah beberapa manfaat madu mentah yang perlu kamu ketahui.

Kaya akan Fitonutrien
Tahukah kamu? Bahwa ternyata kandungan fitonutrien dalam madu mentah dapat menghilang jika madu sudah melalui proses pengolahan. Fitonutrien sendiri merupakan senyawa yang biasanya ditemukan pada tanaman.
Fitonutrien ini berguna untuk melindungi tanaman dari radiasi sinar UV, dan bahaya lainnya. Pada manusia, kandungan fitonutrien dapat memberi manfaat anti-inflamasi dan antioksidan yang tentu bagus untuk kesehatan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Selain kaya akan fitonutrien, kandungan di dalam madu juga dipercaya dapat membantu kamu mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan perut. Misalnya seperti diare, dan luka di lambung.

Nah, jika kamu memiliki masalah dengan pencernaan dan tidak mau mengonsumsi obat yang pahit, cobalah untuk menjadikan madu sebagai obat alami masalah pencernaanmu.

Caranya juga mudah, kamu cukup mengonsumsi 2 sendok teh madu mentah di saat perutmu masih kosong atau di pagi hari setelah bangun tidur.

Mengatasi Sakit Tenggorokan
Manfaat madu untuk kesehatan juga termasuk mengatasi sakit tenggorokan .
Penelitian menunjukkan bahwa ternyata madu sama efektifnya dengan obat batuk yang biasa ditemukan di toko obat, yaitu dekstrometorfan.
Ternyata itulah mengapa campuran madu selalu menjadi ramuan tradisional dalam mengatasi sakit tenggorokan. Kamu bisa mencampurnya dengan jeruk nipis, atau menjadikannya minuman dengan campuran lemon dan teh hangat.

Menyembuhkan Luka
Meski manis dan lembut, diam-diam kandungan antibakteri yang terdapat di dalam madu dapat mempercepat penyembuhan luka.
Selain itu, madu mentah juga dipercaya dapat mengurangi infeksi yang disebabkan oleh luka tersebut. Tapi tentu kamu harus pastikan bahwa madu yang kamu gunakan murni, aman, dan bersih ya!

Selain memberikan beberapa manfaat di atas, manfaat madu mentah juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kamu dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
Radikal bebas ini, jika sudah menumpuk di tubuhmu, maka akan memicu munculnya beragam penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.
manfaat madu untuk menghilangkan jerawat

Madu Pasteurisasi Juga Tidak Kalah Sehat Lho!

Manfaat madu untuk menghilangkan jerawat
Meski mengalami proses pengolahan, madu pasteurisasi tetap kaya manfaat.
Jenis madu yang satu ini adalah madu yang sudah melalui proses pengolahan yaitu dengan dipanaskan dalam suhu sekitar 72 derajat celcius.

Selain itu, proses ini juga bertujuan untuk menunda terjadi kristalisasi madu yang terlihat. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat madu yang perlu kamu ketahui.

Mencegah Munculnya Penyakit Asam Lambung
Nah, jika kamu tidak ingin mengalami penyakit asam lambung, seperti GERD, sebaiknya kamu rajin-rajin mengonsumsi madu.

Pasalnya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dapat mencegah munculnya GERD baik untuk kamu yang belum mengalami penyakit asam lambung atau untuk mencegah kambuhnya GERD.

Mengatasi Infeksi
Penelitian menunjukkan bahwa ternyata madu memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang terdapat di dalam protein defesin-1.
Hal inilah yang menyebabkan madu mampu mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi pada luka yang tergolong parah.

Mengatasi Alergi
Jika kamu memiliki alergi terhadap perubahan musim, atau alergi musiman, cobalah untuk rajin mengonsumsi madu.
Studi menunjukkan bahwa alergi musiman dapat diatasi dengan melakukan pengobatan dengan menggunakan madu. Bahkan hasilnya lebih bagus dibandingan dengan penggunaan plasebo.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kamu sudah tahu bahwa madu mengandung antibakteri dan antioksidan, kan? Nah, dua kandungan ini ternyata membuat madu memiliki banyak manfaat. Termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Dapat merawat kulit berjerawat dapat menjadi manfaat madu untuk kesehatan.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Studi menunjukkan bahwa ternyata banyak mengonsumsi gula atau makanan manis bisa meningkatkan berat badan seseorang. Nah, guna menghindari ini, cobalah untuk mengurangi konsumsi gula dan menggantikannya dengan madu.

Selain bisa membantu kamu menurunkan berat badan, kamu juga akan mendapatkan manfaat kesehatan lainnya dari madu. Tapi perlu kamu ingat ya, 1 sendok makan madu mengandung 60 kalori. Jadi, jangan sampai kebablasan ya!

Merawat Kulit Berjerawat
Dengan kandungan antimikroba yang terdapat di dalamnya, madu juga dipercaya dapat menjadi salah satu pilihan untuk merawat kulit berjerawat.
Kamu bisa menggunakannya sendiri atau mencampurkannya dengan oatmeal dan air hangat guna mengangkat sel kulit mati.

Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko pemicu penyakit jantung. Kamu bisa mengonsumsi madu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat madu ini terjadi berkat kandungan antioksidannya.

Fakta ini juga telah dibuktikan secara ilmiah. Penelitian menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi madu, tingkat tekanan darah turun meski hanya sedikit, baik pada hewan maupun manusia.
Temuan ini dapat menjadi inspirasi bagi penelitian berikutnya untuk mempertajam khasiat madu dalam menurunkan tekanan darah
Manfaat madu untuk kesehatan termasuk menurunkan tekanan darah.

Rhinitis Alergi dan Bekas Gigitan Serangga
Rhinitis alergi (hay fever) adalah gejala mirip pilek yang muncul sebagai respon alergi akibat serbuk sari, bulu binatang dan lainnya.
Kondisi ini menyebabkan penderita mengalami hidung tersumbat, keluarnya ingus, bersin, dan mata terasa gatal.
Untuk membantu meringankan gejala, kamu bisa mengonsumsi madu. Madu juga meningkatkan sistem imun tubuh sehingga mempercepat proses pemulihan.

Mirip dengan respon alergi, madu turut membantu meredakan iritasi dan gatal akibat gigitan nyamuk maupun serangga lain. Hal ini karena madu memiliki sifat antiradang.
Selain itu, madu pun memiliki sifat antibakteri. Kemampuan ini juga membuat bekas gigitan serangga berisiko lebih rendah terinfeksi setelah dioles dengan madu.

Baik untuk Kesehatan Jantung
Madu dipercaya mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung.
Pasalnya, tingginya kadar LDL memiliki kaitan erat dengan aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak di pembuluh darah.
Aterosklerosis dapat memicu stroke juga serangan jantung. Tak hanya itu, madu pun kaya kandungan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko beragam penyakit jantung dan pembuluh darah

Manfaat madu untuk kesehatan adalah pilihan pengganti gula yang lebih sehat.

Meningkatkan Stamina dan Energi
Sama seperti gula lainnya, madu bisa menaikkan kadar gula darah serta memberimu dorongan energi sementara. Tetapi, komposisi gula pada madu sangat baik sehingga menjadi pilihan lebih sehat dibanding pengganti gula lain.

Pasalnya, madu memiliki kombinasi sempurna dari glukosa dan fruktosa. Glukosa memberimu sumber energi segera sedang fruktosa menyediakan sumber energi yang lebih stabil. Hal itu terjadi karena fruktosa diserap lebih lambat oleh tubuh.
Manfaat ini membuat madu mampu menjaga tingkat staminamu dan memiliki kemungkinan lebih aman dikonsumsi untuk penderita diabetes karena bisa membantu mengatur kadar gula darah.
Jadi, sebelum beraktivitas, coba santap sesendok madu ya.
Sekarang kamu sudah tahu apa saja manfaat madu untuk kesehatan, kan? Mulai sekarang, sediakan madu di rumahmu, dan rajinlah mengonsumsinya setiap hari. Agar kekebalan tubuhmu semakin meningkat, dan kamu tidak mudah sakit.

Madu mentah atau sudah mengalami proses pasteurisasi keduanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Meski begitu, bukan berarti kamu asal dalam memilih madu ya.

Jika kamu lebih memiliki madu mentah karena kandungan fitonutriennya yang masih belum hilang, maka pastikanlah bahwa madu mentah yang kamu pilih tersebut bersih dan steril ya!

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. mirroh-mufidah - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger